Waspada Dampak La Nina

 Waspada Dampak La Nina

Thamrin. (DOK)

TANJUNG REDEB, NOMORSATU UTARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, meminta semua masyarakat di Kabupaten Berau waspada terhadap fenomena La Nina di Desember ini. Tingginya intensitas hujan dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, hingga angin puting beliung.

Kepala BPBD Berau, Thamrin menjelaskan, dampak dari La Nina sendiri sempat membuat beberapa kampung di wilayah hulu mengalami banjir. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Kampung Tumbit Melayu, Siduung Indah, Tumbit Dayak, dan beberapa kampung sekitar lainnya.

“Kami sudah siap melakukan antisipasi untuk bencana hidrometeorologi. Namun kami perkirakan, bencana ini tidak separah Mei lalu,” katanya, kemarin.

Diakuinya, terkait perkembangan cuaca yang terjadi dampak dari fenomena La Nina itu, pihaknya telah mendapatkan laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Berau, bahwa pemerintah daerah harus waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi di Kabupaten Berau.

Dijelaskan, di Berau ada terdapat beberapa wilayah langganan banjir, terutama yang berada di sekitar bantaran Sungai Kelay dan Segah, seperti kecamatan Kelay, Teluk Bayur, Sambaliung. Adapun untuk tanah longsor, seperti permukiman dataran tinggi Teluk Bayur, poros Labanan Kelay, hingga poros jalan menuju pesisir selatan Berau.

BACA JUGA  Dua Penghargaan Tertinggi di Ajang Paling Bergengsi

“Kami tentu akan melakukan pemantauan secara berkala di tempat-tempat itu. Sementara untuk potensi banjir, karena ini merupakan fenomena tahunan. Kami juga sudah memberikan peringatan kepada masyarakat berada di sekitar Sungai Kelay dan Segah untuk selalu waspada,” jelasnya.

Saat ini, dirinya mengatakan, untuk hal tersebut pihaknya sudah melakukan persiapan dengan menyiagakan personel, serta peralatan yang dibutuhkan. Bahkan, pihaknya juga akan mendirikan posko-posko khusus untuk penanganan bencana alam jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Kemudian, untuk permasalahan bantuan pangan, pihaknya akan berkoordinasi kembali dengan instansi terkait. Salah satunya Dinas Sosial Berau.

“Kalau untuk bantuan itu insidentil ya. Pasti akan dikoordinasikan dulu. Banyak pihak juga untuk bisa mendukung,” pungkasnya. ZZA/APP

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: