Vaksinasi Murid SD Rampung Januari

 Vaksinasi Murid SD Rampung Januari

Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-12 tahun di Kabupaten Nunukan. (Ramlan)

NUNUKAN, NOMORSATU UTARA – Vaksinasi anak usia 6-12 tahun atau anak usia murid sekolah dasar (SD) telah dilaunching. Pemerintah menyiapkan sebanyak 23 ribu dosis bagi anak-anak di wilayah Kabupaten Nunukan.

“Kita targetkan untuk vaksinasi anak SD bulan ini sudah selesai semua. Rampung. Karena setiap wilayah jadwalnya sudah ada. Disiapkan tenaga vaksinator yang ada di puskesmas,” kata Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid, kemarin.

Bupati mengungkapkan, masyarakat tidak perlu ragu akan takut vaksinasi terhadap anaknya. Sebab belum ada laporan mengenai dampak negatif ke anak pasca melaksanakan vaksinasi. Makanya, meminta orangtua bisa melakukan vaksinasi anaknya di tempat-tempat yang telah disediakan.

“Saat launching, anak saya pertama. Sebagai ketua satgas membuktikan kalau vaksinasi itu aman. Tidak perlu takut,” ungkapnya.

Bupati juga mengungkap akan melaksanakan sistem jemput bola dalam vaksinasi di Nunukan. Tenaga vaksinator, akan melakukan kunjungan di tempat-tempat tertentu, seperti sekolah agar vaksinasi bisa berjalan maksimal serta lebih mudah.

“Terutama vaksinasi di sekolah-sekolah, akan kita kunjungi langsung. Supaya lebih mudah mendata,” ujarnya.

Selain vaksinasi anak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan juga terus mengejar capain vaksinasi Covid-19 umum, baik dosis I maupun dosis II. Sesuai data yang disampaikan Tim Satgas Covid-19 Kaltara, vaksinasi dosis I Nunukan baru mencapai 74,9 persen. Sementara untuk dosis kedua baru mencapai 52,1 persen.

BACA JUGA  Benahi Faskes di Pesisir

Untuk terus mengejar realisasi vaksinasi, Pemkab terus melaksanakan vaksinasi massal. Bupati mengapresiasi jajaran TNI-Polri. Yang terus berupaya menyukseskan program nasional tersebut. Sebab, tanpa bantuan TNI-Polri, pencapaian target vaksinasi akan mengalami sedikit kesulitan. Termasuk memberikan edukasi.

Hasilnya, kata Asmin Laura, masyarakat sudah mulai sadar untuk menjaga dirinya terhadap virus Covid-19. Di mana berbondong-bondong mendatangi tempat pelaksanaan vaksinasi.

“Terima kasih kepada semua elemen yang terlibat dalam setiap vaksinasi ini. Meski sudah divaksin, prokes tetap harus diterapkan,” ujarnya.

Program vaksinasi, kata dia, bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh manusia. Upaya itu terus dilanjutkan agar penyebaran virus Corona di Nunukan dapat diminimalisir, bahkan dapat memutus mata rantai penularan. (RN)

Grafis

Data Cakupan Vaksinasi Kaltara

Dosis 1:
82,84 persen = 452.048 penerima

Dosis 2:
60,28 persen = 328.956 penerima

Total penerima: 545.672

Cakupan per kabupaten/kota:

Bulungan
Dosis 1: 85 persen
Dosis 2: 61 persen

Malinau
Dosis 1: 75 persen
Dosis 2: 58,2 persen

Tanah Tidung
Dosis 1: 76 persen
Dosis 2: 54,1 persen

Nunukan
Dosis 1: 74,9 persen
Dosis 2: 52,1 persen

Tarakan
Dosis 1: 91,4 persen
Dosis 2: 68 persen

Sumber: Dinas Kesehatan Kaltara

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: