Sesuaikan dengan Program ZIYAP

 Sesuaikan dengan Program ZIYAP

Risdianto (Zuhrie/Disway kaltara)

TANJUNG SELOR, NOMORSATUURARA – Penyesuaian Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021, segera dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kaltara.

Sebab, RKPD Kaltara 2021 disusun di era kepemimpinan Irianto Lambrie-Udin Hianggio. Sedangkan saat ini, Kaltara telah berganti kepemimpinan. Yakni di bawah kepemimpinan Gubernur Zainal Arifin Paliwang dan Wakil Gubernur Yansen TP.

Karena itu, kata Kepala Bappeda-Litbang Kaltara, Risdianto, RKPD akan menyesuaikan dengan program gubernur dan wakil gubernur baru. Namun, ia juga menyampaikan bahwa beberapa program yang telah disusun dalam RKPD 2021, tetap berjalan.

“Rujukannya untuk RKPD 2021 ini, adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daera (RPJMD) 2016-2021. Nantinya disesuaikan dengan RKPD perubahan 2021 yang akan kami segera lakukan,” ujar Risdianto, Rabu (17/2).

Agar sejalan dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, nantinya, lanjut Risdianto, akan ada tahapan penyusunan RPJMD 2021-2026. Kemudian, khusus untuk arah pembangunan 2021, dengan pimpinan yang baru, masih mengacu pada RKPD 2021 sampai dengan penyesuain dilakukan.

BACA JUGA  Aplikasi Si Payung Emakku Diluncurkan

“Sebelum menyesuaikan RKPD tahun 2021 ini, kami juga harus berkoordinasi dengan gubernur baru,” ujarnya.

Terkait sejumlah proyek pembangunan di Kaltara, menurutnya, Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru akan bersama-sama melakukan evaluasi. Evaluasi ini dalam rangka penyesuaian target gubernur selama masa transisi.

“Pasti ada evaluasinya. Maka dari itu kita komunikasikan dulu dan minta arahan dari Gubernur dan Wakil Gubernur yang baru,” ujarnya.

Mengacu pada ketentuan, RPJMD 2021-2026 ditetapkan dalam peraturan daerah (Perda). Minimal enam bulan setelah pelantikan. Oleh sebab itu, kata Risdianto, saat ini proses penyusunan dimulai.

“Paling lambat itu, Agustus 2021 ini sudah disusun RPJMD 2021-2026,” ujarnya. *

Berita Terkait

%d blogger menyukai ini: