Prioritas Pelayan Publik dan Lansia

Vaksinasi Tahap II Dimulai 8 Maret

 Prioritas Pelayan Publik dan Lansia Vaksinasi Tahap II Dimulai 8 Maret

VAKSIN COVID-19 tiba di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kaltara, belum lama ini. (IST)

TANJUNG SELOR, DISWAY – Vaksinasi tahap II di Kaltara, sedang dalam persiapan. Vaksin COVID-19 yang didistribusikan ke kabupaten/kota, telah tiba pada awal Maret ini.

Dikatakan juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kaltara, Agust Suwandy, vaksinasi tahap II akan menyasar pelayan publik dan lansia. Untuk pelayan publik, mulai dari pejabat daerah, DPRD, ASN, guru, TNI, Polri, maupun pedagang pasar dan karyawan perbankan.

“Kalau untuk lansia, itu khusus di ibu kota provinsi dulu. Setelah itu, baru di kabupaten dan kota lainnya,” ujar Agust, Jumat (5/3).

Pendistribusian vaksin tahap kedua dari Dinas Kesehatan Kaltara kepada kabupaten/kota, diakuinya sudah dimulai sejak Selasa (2/3) lalu. Ditargetkan pelaksanaan vaksinasi tahap dua dimulai 8 Maret mendatang.

Disebutkan, terdapat 332 orang yang telah dilatih untuk menjadi vaksinator, sebelum pelaksanaan vaksinasi tahap pertama. “Selain yang sudah mendapatkan pelatihan dari provinsi, kami juga mempunyai 700-an tenaga kesehatan yang sudah bisa memberikan vaksinasi dari masing-masing daerah,” ujarnya.

BACA JUGA  Hati-Hati, Jangan Lapor Sembarangan

“Artinya, mereka memang sudah terlatih sesuai profesinya. Itu tersebar di setiap fasilitas kesehatan,” lanjut Agust Suwandy.

Untuk jumlah vaksin tahap II yang diterima Kaltara, yakni 1.250 vial. Berbeda dengan tahap pertama. Jika sebelumnya 1 vial sama dengan 1 dosis, kali ini 1 vial maksimal dapat digunakan sampai 10 dosis.

Hal ini juga akan menghemat jumlah dosis yang diperlukan untuk memberikan vaksin kepada warga Kaltara, mengingat jumlah calon penerima vaksin cukup banyak.

“Jadi kalau 1.218 vial yang kami terima untuk tahap kedua, kalau dikali 10 dosis, berarti sama dengan 12 ribu dosis lebih. Itu total yang tersedia di tahap 2,” ujarnya. */ZUH/REI

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: