Petak Pasar Buah dan Sayur 130 Unit

 Petak Pasar Buah dan Sayur 130 Unit

Pembangunan los buah dan sayur di Pasar Induk Tanjung Selor ditarget tuntas akhir 2021.(Victor)

TANJUNG SELOR, NOMORSATU UTARA – Pembangunan pasar buah dan sayur di kompleks Pasar Induk Tanjung Selor akan segera rampung. Akhir tahun ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM Bulungan, Asmuni mengatakan, pembangunan pasar untuk menyediakan pasar sehat, bersih di sektor buah dan sayuran. “Ditargetkan akhir tahun ini selesai pembangunannya. Sehingga bisa segera dioperasikan,” ungkapnya, Jumat, (17/12).

Dikatakan, pembangunan dimulai 23 Juli 2021 dengan nilai kontrak Rp 5,3 miliar dari APBN 2021 dengan jangka waktu pengerjaan 160 hari. “Pasar sudah dipetak 130 unit. Tidak ada lagi pedagang di trotoar jalan pasar induk nantinya,” ujar Asmuni. Retribusi, tambahnya, Rp 100 ribu yang dibayar jelang akhir tahun.

BACA JUGA  PDI Perjuangan Rombak AKD

Dijelaskan, untuk mengisi 130 unit lapak, pedagang akan diseleksi. “Kita akan lihat jumlah produksi pedagang. Pertimbangan utama adalah kualitas dan kebersihan barang,” ucapnya.

Walau gedung pasar buah dan sayur beroperasi, menurut Asmuni, pasar subuh dalam komplek pasar induk tetap jalan. “Pasar subuh kan untuk pengepul membagi kepada pengencer saja,” katanya.

Asmuni menyatakan, sosialisasi beberapa bulan lalu dilakukan bersama pihak BPJS Kesehatan. “Pak Bupati mewajibkan kepada seluruh pedagang yang menempati gedung pasar buah dan sayur baru ikut program BPJS Kesehatan,” tegasnya. (vir)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: