Pelantikan Kades Ditunda

 Pelantikan Kades Ditunda

ilustrasi

TANJUNG SELOR, NOMORSATU UTARA – Puluhan kepala desa (Kades) hasil Pilkades Serentak 2020, batal dilantik pada Rabu (10/3). Rencananya, pelantikan dilaksanakan pada 15 Maret mendatang.

Bupati Bulungan Syarwani mengungkapkan, ditundanya pelantikan 56 kades terpilih, disebabkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa masih menyiapkan kelengkapan dan teknis pelaksanaan pelantikan. Apalagi harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Ditunda pelantikan ini bukan karena administrasi, tapi masih belum lengkapnya atribut yang disiapkan untuk kades. Saya sudah deadline ke dinas terkait untuk segera siapkan pelantikannya. Paling lambat 15 Maret. Sebab, para kades ini sudah harus segera bekerja,” ujar Syarwani, Selasa (9/3).

Ia menjelaskan, sesuai Surat Edaran 140/823/DPMD/XII/2020, penyelenggaraan pilkades hingga proses pelantikan, harus menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran penularan COVID-19.

BACA JUGA  Ketua PKK Ajak Konsumsi Pangan Lokal

“Lokasi pelantikan tetap dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bulungan, tapi kalau cuaca tidak mendukung, pelantikan dilaksanakan di aula Pemkab. Mengingat jumlah kades yang dilantik cukup banyak, maka pelantikan dilakukan dalam beberapa sesi,” ujarnya.

Ia juga memastikan bahwa jumlah undangan dibatasi. Seperti pendamping dari kades terpilih, di antaranya keluarga dan perwakilan pemerintah desa. “Usai pelantikan, para kades tidak melakukan euforia berlebihan di desanya,” ujarnya. */VIR/REI

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: