Pastikan Perjuangkan Dana Operasional

Untuk Kepala Desa Berstatus Mandiri

 Pastikan Perjuangkan Dana Operasional Untuk Kepala Desa Berstatus Mandiri

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat melakukan kunjungan kerja ke BUMDes Payang Sejahtera, Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara, Sabtu (1/5). (Antara)

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memastikan akan membantu memperjuangkan dana operasional bagi kepala desa yang status desanya mandiri.

“Sedang berjuang dana operasional kepala desa. Semoga disetujui,” ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat melakukan kunjungan kerja ke BUMDes Payang Sejahtera, Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (1/5). Menurutnya harus ada afirmasi kepala desa dan kepala daerah yang bisa membawa desanya menjadi desa mandiri.
Salah satunya mengamanatkan mengalokasikan sekian persen dari Dana Desa untuk operasional kepala desa mandiri.

Dengan demikian diharap memacu desa untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan memajukan desanya menjadi desa mandiri. Pada kesempatan itu dia mengingatkan pentingnya pemutakhiran data indeks desa membangun (IDM) berbasi SDGs. Nantinya bisa menjadi acuan pemerintah dalam menyusun anggaran baik APBN maupun APBD.

BACA JUGA  Sepekan 30 Hektare Lahan Terbakar

“Potret desa bisa terlihat tidak hanya tiga dimensi, tapi empat dimensi, karena SDGs sangat konkret untuk kesejahteraan. Sangat komplit, ” katanya. Abdul Halim Iskandar juga menegaskan urusan pembinaan BUMDes. “Kalau sudah urusan BUMDes, urusan kemiskinan desa saya akan jadi yang terdepan, ” katanya.Menurutnya BUMDes dalam kondisi sekarang sudah setara dengan BUMN dan BUMD karena sudah berbadan hukum. Yang membedakan hanya levelnya. BUMN level nasional, BUMD daerah, dan BUMDes pada level desa. (ANT)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: