Pantau Kinerja Pelaksanaan Pembangunan

 Pantau Kinerja Pelaksanaan Pembangunan

Rabiatul Islamiah. (IZZA/DISWAY)

banner pemkab

TANJUNG REDEB, NOMORSATU UTARA – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Beraumemiliki tim khusus melaporkan semua kegiatan pemerintahan dan kondisi Kabupaten Berau ke provinsi. Data tersebut akan digunakan membuat perencanaan pembangunan yang optimal dan tanggap terhadap permasalahan sosial daerah.

Sekertaris Kesbangpol Berau, Rabiatul Islamiah menuturkan, tim tersebut setiap harinya terjun langsung ke lapangan untuk melihat kegiatan yang dilakukan Pemkab Berau. Hasilnya, akan dilaporkan Gubernur Kaltim Isran Noor hingga Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Sebagai bahan analisis mereka untuk penilaian kinerja pemerintah daerah kabupaten/kota. Sehingga dapat menjawab permasalahan yang ada di daerah,” ungkapnya.

Pihaknya bekerja sama dengan Bagian Protokol dan Humas Pemkab Berau mengenai jadwal harian bupati Berau. Termasuk tamu-tamu regional atau asing yang datang untuk berwisata maupun bekerja.

“Karena Kesbangpol merupakan mata dan telinga bupati Berau,” ucapnya.

Selain itu, kegiatan di luar pemerintahan juga mempunyai laporannya tersendiri. Termasuk aktif melaporkan kegiatan masyarakat seperti demo maupun kondisi di Bumi Batiwakkal. Mulai pembangunan, perekonomian, sosial, budaya dan sebagainya.

BACA JUGA  Minta Tinjau Ulang

“Apapun yang terjadi kami laporkan ke provinsi. Itu juga, digunakan sebagai penilaian panji-panji keberhasilan kabupaten,” terangnya.

Sementara, Plt Kepala Bidang Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Berau, Adji Raden Bakhrun menambahkan, seluruh data dari berbagai sumber bisa digunakan membuat perencanaan pembangunan yang optimal dan tanggap terhadap permasalahan sosial daerah. Sehingga, program atau kegiatan yang direncanakan mudah diukur.

“Sebagai bentuk kepedulian kami, agar jauh dari konflik. Seperti kegiatan Maulid Nabi di Masjid Agung belum lama ini, termasuk 9 bahan pokok juga kami laporkan,” ucapnya.

Data yang disediakan haruslah berkualitas, akurat, lengkap, relevan berkesinambungan dan terkini. Dengan begitu, penyusunan perencanaan pembangunan bisa tepat sasaran dan dapat digunakan untuk memantau kinerja pelaksanaan pembangunan.

“Sesuai tupoksi kesbangpol. Bukan hanya menangani masalah politik saja. Tetapi juga seluruh kondisi di kabupaten,” tandasnya. */IZA/JUN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: