PAMA-TTBD Bakungan Latihan Padamkan Api

Edukasi dan Praktik Tata Cara Menanggulangi Kebakaran

 PAMA-TTBD Bakungan Latihan Padamkan Api Edukasi dan Praktik Tata Cara Menanggulangi Kebakaran

TANGGUH mandiri hadapi bencana. PAMA ABKL bersama TTBD Bakungan lakukan edukasi dan praktik tata cara memadamkan api saat terjadi kebakaran.(TONI/DISWAY KALTIM)

SAMARINDA, NOMORSATU UTARA – PT Pamapersada Nusantara (PAMA) Distrik ABKL bersama Tim Tanggap Bencana Desa (TTBD) Bakungan, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kukar, sukses melakukan pelatihan penanganan kebakaran di area permukiman.

Diketahui, Desa Bakungan merupakan satu dari 8 desa di Loa Janan Kukar yang tingkat kepadatan penduduk cukup tinggi. Sehingga, rentan terhadap bahaya kejadian kebakaran di area permukiman.

Oleh sebab itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Bakungan dan TTBD DAMBA Bakungan, bersama PAMA Distrik ABKL, mengadakan sosialisasi dan pelatihan penanganan kebakaran di area permukiman.

Acara yang dihelat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Bakungan pada Senin (10/1) lalu, diikuti puluhan peserta. Terdiri dari para pemuda. Kegiatan dibuka Kades Bakungan, Arlusdiansyah Spd. Disaksikan unsur LPM, BPD, dan TTBD DAMBA Bakungan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada CSR PT Pamapersada Nusantara Distrik ABKL. Karena selalu secara berkelanjutan melakukan pembinaan tanggap bencana kebakaran. Program ini sudah berjalan lama, dan kami selalu meminta bantuan pemateri dan material praktik dari perusahaan,” kata Arlusdiansyah.

Dijelaskan, kegiatan ini sangat penting dilakukan di masyarakat. Karena memberikan pemahaman dalam penanganan kebakaran di area permukiman. Jika semua warga sudah paham dan dapat mempraktikkannya. Maka saat terjadi bencana kebakaran semua warga Desa Bakungan sudah siap untuk melakukan penanganan awal kebakaran. Sehingga, api tidak membesar dan meluas membakar area permukiman lainnya.

BACA JUGA  Tiga Sektor Andalan Ekspor

Ignatius Rinaldi Sitompul, CSR PT Pamapersada Nusantara Distrik ABKL menyampaikan, program ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan CSR yang dilakukan perusahaan. Pembinaan dan kerja sama ini sudah berjalan berkelanjutan dengan TTBD Bakungan.

“Harapannya dengan sosialisasi dan pelatihan ini bisa memberikan gambaran bagi masyarakat untuk menangani bencana kebakaran. Terlebih, jika bencana tersebut datang di area permukiman Desa Bakungan,” kata Ignatius.

Departemen SHE PAMA, Muh Jazim dan Kasmir sebagai ahlinya, tampak semangat memaparkan materi. Kemudian para peserta diajak praktik. Yakni tata cara penanganan jika terjadi kebakaran dalam berbagai situasi. Mulai dari kebakaran disebabkan bahan bakar, kompor gas, percikan api, dan korslet.

TTBD Bakungan diwakili Syahyudinur menguraikan bahwa masyarakat perlu diberikan edukasi terkait penanganan bencana kebakaran. Agar semua masyarakat siap jika menghadapi bencana kebakaran. Sehingga, warga bukan hanya menjadi penonton jika terjadi kebakaran.

“Diharapkan masyarakat bisa lebih siap dalam menghadapi bencana kebakaran,” ujar Syahyudinur. */hry

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: