Berau

Lebih Mudah dari Labanan

TANJUNG REDEB, NOMORSATU UTARA Kampung Labanan di Kecamatan Teluk Bayur, bukan satu-satunya yang ingin dimekarkan menjadi kecamatan. Lima Kampung di Kecamatan Gunung Tabur, juga mengusulkan. Prosesnya bakal lebih mudah.

Untuk diketahui, di Kecamatan Gunung Tabur terdiri dari 11 kampung, dan 1 kelurahan. Adapun 5 kampung yang mengajukan untuk dimekarkan, yakni Kampung Merancang Ulu, Merancang ilir, Melati Jaya, Pulau Besing, dan Kampung Batu-Batu.

Diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Kabupaten (Setkab) Berau, Yudha Budi Santosa, pada 2019 lalu usulan pemekaran 5 kampung tersebut sudah masuk ke pemerintah kabupaten. Hanya saja, tindak lanjut dari usulan itu terkendala lantaran pandemik COVID-19.

“Kalau tidak salah akhir 2019 lalu usulannya. Ketika akan diproses tahun 2020 dengan melakukan kajian, COVID-19 menyebar di Berau. Jadi prosesnya saat itu terhenti,” katanya, kemarin.

Dikatakannya, alasan di 5 kampung itu mengusulkan pemekaran, yakni untuk mempersingkat jarak menuju ibu kota kecamatan. Sehingga pelayanan berbagai administrasi yang dilakukan dapat lebih mudah.

“Mereka juga punya pemrakarsanya. Alasan mereka, untuk memudahkan pelayanan. Karena memang masyarakat di 5 kampung itu, ketika menuju ibu kota kecamatan di Kelurahan Gunung Tabur, cukup jauh,” ujarnya.

Hanya, lanjut Yudha, meskipun syarat minimal kampung untuk membentuk kecamatan baru sudah terpenuhi. Masih ada beberapa persyaratan umum lain yang masih kurang. Seperti salah satu dari lima kampung itu, penduduknya tidak sampai di angka 1.500 jiwa.

Sementara, kendala lainnya yakni soal tapal batas. Karena ada beberapa kampung yang masuk dalam usulan pemekaran itu juga dikatakannya, masih belum selesai.

“Memang kalau untuk jumlah penduduk mungkin masih bisa ditolerir lah. Karena ada kampung lainnya penduduknya banyak. Hanya tapal batas ini kendalanya. Ini harus jelas dulu, sebelum melangkah lebih jauh,” katanya.

Dalam menindaklanjuti usulan 5 kampung di Kecamatan Gunung Tabur itu, pihaknya menyarankan pengusulan ulang. Agar persiapan dalam memenuhi persyaratan yang ditetapkan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2018 tentang Kecamatan, itu dapat dilengkapi.

Menurutnya, dalam menindaklanjuti usulan pemekaran, akan dilihat persyaratan dasarnya dulu. Seperti, kondisi geografis, luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah kampung, hingga persyaratan administrasi lainnya.

“Termasuk surat atau berita acara tentang persetujuan dari masing-masing kampung. Kalau persyaratan dasarnya sudah terpenuhi, baru ditingkatkan ke kajian yang akan melibatkan tim teknis,” tuturnya.

Namun diterangkannya, tahapan dalam menindaklanjuti usulan pemekaran 5 kampung di Kecamatan Gunung Tabur itu prosesnya lebih sederhana, jika dibandingkan dengan usulan pemekaran yang dilayangkan Kampung Labanan Makmur, di Kecamatan Teluk Bayur.

“Labanan malah lebih panjang tahapannya, karena jumlah kampungnya harus mengambil dari kecamatan lain. Sementara 5 kampung di Gunung Tabur itu masih dalam satu kecamatan,” pungkasnya. ZZA/APP

Reza Reza
Leave a Comment
Published by
Reza Reza

This website uses cookies.