Ketat, Siapkan 3.000 Alat Tes Swab

 Ketat, Siapkan 3.000 Alat Tes Swab

Kepala Dinkes Kaltara, Imam Sujono. (Dok)

TANJUNG SELOR, NOMORSATU UTARA – Pengawasan mobilitas masyarakat mengantisipasi penyebaran COVID-19 pada libur Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru) dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan.

Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Bulungan, Imam Sujono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 3.000 alat swab antigen untuk pelaku perjalanan antarkabupaten dan kota. Namun secara teknis, Dinkes Bulungan masih menunggu surat edaran (SE) gubernur.

“Diharapkan swab antigen bagi pelaku perjalanan dilakukan serentak di kabupaten/kota di Kaltara. Kalau hanya di Bulungan saja, bisa sia-sia. Jadi kebijakan ini harus diberlakukan serentak,” ungkapnya, Senin (13/12).

Dikatakan, kebijakan swab antigen diputuskan sesuai hasil rapat Tim Satgas Penanganan COVID-19 bersama Bupati Bulungan, belum lama ini.

“Dinkes serius dengan menyiapkan alatnya. Dalam pelaksanaannya, Dinkes akan bekerja sama TNI/Polri dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP),” ujarnya.
Pihaknya berharap kebijakan swab antigen ini bisa efektif dan menyeluruh. Kalau sudah diberlakukan sama di daerah lain, Di Bulungan melakukan pengetatan. Bagi pelaku perjalanan.

BACA JUGA  Bukan untuk Kalangan Elite

Rencananya, kebijakan swab antigen mulai 24 Desember 2021 hingga 6 Januari 2022. “Berharap Pemprov Kaltara mendukung. Kalau kita punya 3.000 alat swab , syukur kalau provinsi menambah 3.000. Masih menunggu surat edaran gubernur.

Sementara Plt Kalak BPBD Bulungan, Darmawan mengatakan, pengetatan pengawasan selama libur Nataru akan dilakukan di beberapa titik. Salah satunya, di Pelabuhan Kayan II, Tanjung Selor.

“Akan memperketat pengawasan di pintu masuk Bulungan-Malinau. Selain itu, melakukan patroli di titik keramaian pada malam pergantian tahun. Teknisnya masih akan dibahas lebih lanjut bersama Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah),” pungkasnya. (vir)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: