Kenalkan Wisata dari Kerajinan Tangan

 Kenalkan Wisata dari Kerajinan Tangan

Salim. (IZZA/DISWAY)

banner pemkab

TANJUNG REDEB, NOMORSATU UTARA – Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau dalam mengembangkan pariwisata. Berkolaborasi melalui oleh-oleh khas Berau.

Kepala Diskoperindag Berau, Salim mengatakan, pihaknya siap membantu mempromosikan semua potensi yang dimiliki Kabupaten Berau. Salah satunya, dengan memberikan pelatihan kepada perajin batok kelapa di kawasan wisata.

Menurutnya, Kabupaten Berau membutuhkan oleh-oleh yang menjadi ciri khas. Untuk menarik kunjungan wisatawan. Sementara, sudah memiliki ciri khas berupa batok kelapa. Selain itu, ada juga kerajinan rotan dari Kecamatan Segah dan Sambaliung.

“Wisatawan yang datang tentu mencari oleh-oleh juga,” katanya.

“Kerajinan tangan batok kelapa kita sebenarnya sudah terkenal. Dan akan terus dikembangkan. Termasuk kerajinan tangan lainnya,” tambahnya.

Dijelaskannya, pelaku usaha mikro, kecil dan menangah (UMKM) saat ini sedang mengalami masa-masa sulit akibat terdampak pandemik COVID-19 dan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

BACA JUGA  Cita-citakan Pelabuhan Modern

“Semua butuh waktu. Tapi jika berbicara mengenai wisata, kami sudah upayakan untuk mengenalkan wisata melalui kerajinan tangan,” ucapnya.

Salim menambahkan, pihaknya berusaha menggandeng para perajin di Kabupaten Berau, termasuk mengenalkan batik Maluang. Selain memberikan pelatihan, juga membuka ruang promosi agar pemasaran lebih luas. Salah satunya, mengikuti event yang diadakan tingkat provinsi maupun nasional.

“Sebenarnya saat ini antara Diskoperindag dan Disbudpar Berau sudah saling kolaborasi mengenalkan Berau,” paparnya.

Menurutnya, Kabupaten Berau memiliki potensi yang menjanjikan. Baik segi kuliner, pariwisata hingga kerajinan tangan. Dia berkomitmen akan mendongkrak sektor-sektor tersebut.

“Jika pariwisata maju, kerajinan tangan atau oleh-oleh juga akan terjual. Saling sinkron jadinya. Makanya sama-sama, majukan Berau. Bangkit dari COVID-19,” pungkasnya. */IZA/JUN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: