Kebut Pembahasan Raperda Prioritas

 Kebut Pembahasan Raperda Prioritas

Dwi Sugiarto (Zuhrie/Disway kaltara)

TANJUNG SELOR, DISWAY – Delapan rancangan peraturan daerah (Raperda) usulan Pemerintah Kabupaten Bulungan pada Januari lalu, dua di antaranya menjadi prioritas DPRD untuk segera ditetapkan.

Dikatakan, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Bulungan, Dwi Sugiarto, dua raperda yang masuk skala prioritas, yakni Raperda Perubahan Atas Perda Nomor 7 Tahun 2006 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, serta yang mengatur tentang perusahaan daerah.

Lanjut Dwi Sugiarto, Bapemperda saat ini juga sudah membuat kelompok kerja (Pokja), guna menindaklanjuti usulan raperda tersebut. “Yang kita bentuk dua kelompok kerja. Jadi, dua pokja ini untuk penyelesaian raperda yang diajukan oleh pemerintah daerah nantinya,” ujarnya, Minggu (21/2).

Menurutnya, sebagai langkah awal percepatan penyelesaian raperda perubahan Perda Nomor 7 Tahun 2006, pihaknya sudah melakukan dengar pendapat bersama Bagian Hukum dan Organisasi Pemkab Bulungan.

Melalui rapat bersama pemerintah daerah tersebut, DPRD ingin melihat sejauh mana persiapan daerah nantinya, untuk menerapkan raperda itu. Sebab, dengan disahkan raperda tersebut, kata Dwi, akan ada penambahan organisasi perangkat daerah baru. Salah satunya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulungan yang saat ini masih di bawah komando Sekretaris Daerah Bulungan.

BACA JUGA  Inovasi untuk Atasi Masalah

“Kami juga berusaha dua raperda prioritas ini bakal selesai tahun 2021,” ujarnya.

Sementara, mengenai pembahasan raperda Perusahaan Daerah Berdikari menjadi PT Berdikari Bulungan Perseroda. Saat ini, kata Dwi, pokja dua yang menangani raperda tersebut, baru menyusun agenda dengar pendapat dengan perusda.

Mengenai jadwal pengesahan raperda tersebut, pihaknya akan dilihat dari hasil pembahasan lanjutan bersama pemerintah daerah. Tetapi pihaknya optimistis pengesahan dua raperda itu tepat waktu. “Mudahan sebelum September sudah selesai,” ujarnya. */ADV/ZUH/REI

Berita Terkait

%d blogger menyukai ini: