KALTIM MINTA HILIRISASI

 KALTIM MINTA HILIRISASI

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi saat menerima manajemen PT CNTIC. (humas)

SAMARINDA, NOMORSATU UTARA- PT China National Technical Import & Export Corporation (CNTIC) akan berinvestasi di Kaltim. Di sektor pembangkit listrik, pembangunan jalan tol dan kereta api.

Namun Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim, Hadi Mulyadi meminta pengembangan industri hilirisasi.Itu diungkap Wagub saat pertemuan dengan Manajemen PT CNTIC yang dipimpin Kepala Perwakilan CNTIC Luo Yi dan Direktur PT Nagabhuana Harmaji, di Ruang Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (27/4).

“Prinsipnya Pemprov Kaltim senang dan bangga, siapa saja yang ingin berinvestasi. Hanya saja, diharapkan investasi itu dapat memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakat,” sebut Hadi Mulyadi.Secara menyeluruh, sesuai paparan manajemen PT CNTIC lebih fokus terhadap pengembangan pembangunan powerplant atau pembangkit listrik. Namun demikian, pihak PT CNTIC menawarkan bukan hanya fokus dipembangkit listrik saja, melainkan juga pembangunan jalan tol dan kereta api.

BACA JUGA  Warga Masih Menolak

Hadi menegaskan, saat ini Kaltim dan Kalimantan pada umumnya sudah surplus untuk pembangkit listrik. Karena itu, Pemprov Kaltim menawarkan sebaiknya lebih terhadap pengembangan industri hilirisasi.”Kalau pembangkit listrik kami sudah surplus dan komunikasinya jelas langsung ke PLN atau pusat. Kami mengusulkan PT CNTIC dan Nagabhuana mau investasi, sebaiknya pengembangan hilirisasi,” jelasnya dikutip dari laman Pemprov Kaltim.

Hadi menjelaskan, potensi industri hilir Kaltim besar, mulai batu bara, CPO atau kelapa sawit dan sektor perikanan.
“Semua itu telah ekspor. Tinggal bagaimana industri hilirnya. Jika PT CNTIC dan Nagabhuana mau, kami tentu sangat senang. Industri ini bisa dikembangkan melalui kawasan industri yang sudah kami miliki,” jelasnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: