ISPA Masih Mendominasi

 ISPA Masih Mendominasi

Iswahyudi (Dewi Novianti/Disway)

TANJUNG REDEB, DISWAY – Penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) masih mendominasi di Kabupaten Berau, berada di posisi teratas 10 penyakit dominan sepanjang 2020. Di luar dari Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, pengidap ISPA mencapai 28.890 kasus, Hipertensi (tekanan darah tinggi) 13.860 kasus, Dyspepsia (gangguan pencernaan) 9.009 kasus, febris (demam) 7437 kasus, Gastritis (Maag) 6.167 kasus, Diare 5.009 kasus, kencing manis (DM) 4.710 kasus, Myalgia (nyeri otot) 4.695 kasus, Rhinitis (iritasi dan pembengkakan selaput lendir hidung) 3.573 kasus, dan Rheumatoid Artritis (radang sendi) 3435 kasus.

Kepala Dinkes Berau, Iswahyudi mengatakan, sejumlah penyakit yang umumnya diderita masyarakat, terutama mirip gejala COVID-19, sulit terdeteksi. Salah satu penyebabnya, masyarakat takut berobat ke rumah sakit atau puskesmas.

BACA JUGA  Antisipasi Kematian karena COVID -19

“Jumlahnya tidak jauh dari tahun sebelumnya. Tapi beberapa penyakit tidak begitu nampak karena pandemik,” ujarnya kepada Disway Berau, beberpa waktu lalu.

Lanjutnya, beberapa penyakit yang mendominasi biasanya dipicu faktor cuaca dan lingkungan. “Seperti ISPA, jumlah kasusnya akan melonjak saat musim kemarau,” jelasnya.

Sementara, kasus pasien meninggal belum bisa dipastikan. Karena masih dalam proses perekapan data. “Pengidap ISPA tidak ada meninggal, karena bukan penyakit mematikan. Kalau DBD, saya rasa ada,” ucapnya.

Iswayudi mengimbau, masyarakat dapat menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi, menghindari setres dan istirahat yang cukup. *DEW/JUN

Berita Terkait

%d blogger menyukai ini: