Dukung Transparansi

 Dukung Transparansi

GUBERNUR Kaltara Zainal A. Paliwang menerima LHP dari BPK Perwakilan Kaltara, Kamis (23/12) lalu.(DKISP KALTARA)

TARAKAN, NOMORSATU UTARA – Laporan hasil pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), untuk semester II 2021, telah diterima Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang, Kamis (23/12) lalu.

Dengan telah diterimanya LHP tersebut, Gubernur Zainal pun berharap dapat mendorong peningkatan kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, serta pemerintah kabupaten/kota, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Secara bersama-sama kita selalu berusaha dan berkomitmen, untuk mendukung penyelenggaraan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel,” ujar Gubernur.

Ia juga menyebut, Pemprov Kaltara telah menindaklanjuti rekomendasi pemeriksaan BPK semester II 2021 mencapai 93,97 persen.

“Kami (Pemerintah Provinsi Kaltara) sangat mendukung sepenuhnya pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK Perwakilan Provinsi Kaltara, terkait kinerja dan kepatuhan dalam menilai kepatuhan efektivitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPK Perwakilan Kaltara, Arief Fadillah mengatakan, hasil pemeriksaan menunjukkan masih terdapat permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian.

BACA JUGA  Transportasi Sebabkan Inflasi

Adapun pemeriksaan semester II 2021 pada Pemprov Kaltara, antara lain pemeriksaan kinerja atas upaya pelaksanaan vaksinasi COVID-19, pemeriksaan kinerja atas penyelenggaraan pendidikan vokasi berbasis kerja sama industri dan dunia kerja, pemeriksaan kinerja atas efektivitas pengelolaan pendapatan asli daerah.

Selain itu, juga pemeriksaan kepatuhan atas operasional Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Alam Tarakan, pemeriksaan kepatuhan atas pengelolaan program perlindungan sosial melalui Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, pemeriksaan kinerja atas pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan pemilihan kepala daerah secara serentak pada 2020 lalu di KPU dan Bawaslu Kaltara, Kabupaten Bulungan, serta Kabupaten Tana Tidung. Dkisp/rei

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: