DPRD Desak Terbitkan Perbup

 DPRD Desak Terbitkan Perbup

Imam Bukhori (IST)

TANJUNG SELOR, NOMORSATU UTARA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulungan, Imam Bukhori mendesak Pemkab segera menerbitkan peraturan bupati (Perbup), yang mengatur tentang keterwakilan wilayah dan perempuan dalam pemilihan anggota badan permusyawaratan desa (BPD).

“Sampai saat ini, Pemkab belum menerbitkan perbup atau petunjuk teknis (Juknis), serta pedoman penyelenggaraan pemilihan anggota BPD. Padahal, dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 Tahun 2020, di Pasal 7 ayat (4), jelas disebutkan bahwa tugas, kewajiban, wewenang, serta tata kerja panitia pemilihan diatur dalam perbup,” ungkap Imam, Senin (15/3).

Berdasarkan data yang diperoleh pihaknya dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bulungan, yakni tentang masa jabatan anggota BPD, tercatat 12 BPD di beberapa kecamatan yang berakhir pada tahun ini.

BACA JUGA  Giliran Pelajar jadi Sasaran Vaksinasi

“Kondisi ini telah kami sampaikan kepada Bupati dan Wakil Bupati Bulungan saat gelar rapat bersama, belum lama ini,” ujarnya.

Belum adanya perbup, lanjutnya, akan menyulitkan panitia pemilihan BPD yang dibentuk di desa, apalagi dalam perda dikatakan dalam waktu enam bulan sebelum habis masa jabatan BPD, selain itu panitia akan lakukan sosialisasi.

“Turunan perda sebagai dasar hukum pemilihan BPD serentak tahun ini. Saya berharap kondisi ini juga jadi atensi kades yang baru dilantik,” ujarnya. */VIR/REI

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: