Dewan Sentil Fasilitas Terbengkalai

 Dewan Sentil Fasilitas Terbengkalai

ANGGOTA Komisi III DPRD Bulungan, Mansyah mengikuti musrenbang di Kecamatan Tanjung Palas, belum lama ini. (IST)

TANJUNG SELOR, DISWAY – Pemerintah Kabupaten Bulungan diminta memperhatikan setiap usulan yang disampaikan pemerintah desa melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Dikatakan anggota Komisi III DPRD Bulungan, Mansyah, banyak pembangunan masuk desa, namun bukan yang menjadi skala prioritas. Akibatnya, banyak pembangun yang dilakukan pemerintah daerah, rusak dan terbengkalai.

“Kadang apa yang diusulkan dan apa yang direalisasikan tidak sinkron. Contohnya, di Kecamatan Tanjung Palas ada memang usulan pembangunan pasar, tapi realisasinya pembangunan pasar bukan pada titik yang disepakati saat musrenbang. Akibatnya, kini bangunan itu terbengkalai dan roboh,” ujar Mansyah, Minggu (28/2).

Karena itu, lanjutnya, organisasi perangkat daerah (OPD) yang hadir dalam musrenbang, perlu mengutamakan kebutuhan masyarakat. Jangan hanya mengutamakan pembangunan fisik.

“Musrenbang di Kecamatan Tanjung Palas kemarin, banyak yang usul soal peningkatan jalan, jaringan. Dan, itu selalu diusulkan setiap tahun. Tapi yang terlaksana hanya bangunan fisik terus, padahal tidak prioritas,” ujarnya.

BACA JUGA  Andalkan Armada Tua

Mansyah juga mengingatkan setiap kepala desa yang menyampaikan usulan, tidak menggantungkan seluruh usulan kepada pemerintah kabupaten. Karena menurutnya, desa telah mendapat kucuran dana, sebelum diusulkan untuk ditangani kabupaten.

Sebaiknya, kata Mansyah, pemerintah desa mencoba menyelesaikan dengan memanfaatkan dana desa. Kemudian, bila ternyata tidak mencukupi, pemerintah desa mengajukan usulan kepada pemerintah daerah.

“Misalnya, di desa butuh internet, desa bisa mengusulkan pengadaan alat penangkap sinyal untuk dipasang di kantor desa, dan pembayarannya dibebankan ke desa. Selama itu untuk kepentingan warga, tidak masalah,” ujarnya.

“Dengan segala keterbatasan yang ada saat ini, baiknya desa turut juga membantu meringankan beban kabupaten,” tambah Mansyah. ADV/*/ZUH/REI

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: