Desak Pusat

Rampungkan Batas Wilayah

 Desak Pusat Rampungkan Batas Wilayah

YANSEN TP (ZUHRIE/DISWAY KALTARA)

TANJUNG SELOR, DISWAY – Batas wilayah antara Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara) dengan Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), tak kunjung selesai. Batas wilayah yang belum disepakati mencapai 148,40 kilometer, dari total sepanjang 371 kilometer.

Karena persoalan tersebut telah diserahkan ke pemerintah pusat, Wakil Gubernur Kaltara Yansen Tipa Padan pun, mendesak agar pemerintah pusat segera menentukan batas wilayah antara Bulungan dengan Berau. Jika tak kunjung diselesaikan, Yansen khawatir akan terjadi pergeseran batas seperti yang pernah terjadi.

“Kalau dari kita sudah jelas di mana yang menjadi batas Bulungan dan Kaltara. Yang harus dilakukan pusat, adalah memfasilitasi Kaltara dan Kaltim, guna mencapai kesepakatan,” ujar Yansen, belum lama ini.

Ia juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bulungan dan Berau sudah berulang kali melakukan pertemuan. Namun, karena kewenangan sudah berada di pusat, dan batas wilayah juga merupakan batas antarprovinsi, maka pemerintah pusat yang harus menyelesaikan persoalan ini.

BACA JUGA  Target Cetak Atlet Berprestasi

“Kami sendiri mengharapkan pemerintah pusat bisa mengambil langkah tegas, dalam menuntaskan persoalan batas wilayah. Tegas dalam artian melihat kondisi yang ada. Kemudian melihat sejarah yang ada dan sebagainya. Guna memutuskan batas wilayah Kaltara di mana, dan Kaltim di mana,” ujarnya.

Yansen juga mengatakan, pemerintah pusat tidak perlu menciptakan sendiri mana batas Kaltara maupun Kaltim. Batas wilayah bisa dilihat dari sejarah kerajaan yang berdiri di Kaltara maupun di Kaltim.

Jika melihat kembali sejarah yang ada, lanjut Yansen, maka akan mudah menentukan wilayah Kaltara dan Kaltim. “Ada sejarahnya, yakni Kerajaan Bulungan, Kerajaan Berau, serta Kerajaan Kutai. Diikuti saja sejarah yang ada, kemudian batas wilayahnya di mana, itu yang disepakati,” ujarnya. */ZUH/REI

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: