Data WN India

 Data WN India

Iswahyudi

TANJUNG REDEB, NOMORSATU UTARA Dinas Kesehatan (Dinkes) Berau, tak mau kecolongan ada Warga Negara Asing (WNA) yang membawa COVID-19. Antisipasi bakal dilakukan, jangan sampai temuan di Muara Berau, terjadi di Bumi Batiwakkal.

Enam WN India dinyatakan terkonfirmasi COVID-19 di Muara Berau, bahkan berita ini sempat heboh lantaran salah satu stasiun TV nasional menyebut kejadian itu di Berau. Kekhawatiran pemerintah, terkait meledaknya kasus COVID-19 di India.

Dikatakan Kepala Dinkes Berau Iswahyudi, mencegah adanya kasus serupa seperti di Muara Berau, pihaknya tengah melakukan pendataan terhadap WNA, terutama dari negara India.

“Kami sudah koordinasi dengan perusahaan-perusahaan di Berau, untuk menyampaikan jumlah tenaga kerja asing mereka dan dari mana asalnya,” jelasnya kepada Disway, Selasa (27/4).

Dari laporan yang diterima, umumnya WNA yang bekerja di Berau, paling banyak di perkebunan kelapa sawit. Meskipun mereka menetap di sini, tetapi pencegahan harus tetap dilakukan jangan sampai pemerintah kecolongan.

BACA JUGA  Ayo Jaga Mangrove

Selain itu, dirinya juga meminta semua pihak dapat memperketat pintu masuk bagi warga India. Terutama dari kapal-kapal batu bara.

“Sekarang belum selesai mendata. Nanti kami juga akan meminta pihak perusahaan yang menaungi mereka untuk melakukan Polymerase Chain Reaction (PCR). Mencegah terjadinya penularan di lingkungan perusahaan,” tegasnya.

Dengan adanya gelombang tsunami COVID-19 di India yang menyebabkan angka kematian meningkat drastis, Iswahyudi meminta warga dapat menjadikan hal tersebut sebagai pelajaran. Sebab, meskipun kurva penyebaran terus menurun, tetapi menjaga protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan.

“Tetap perlu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Jangan sampai nanti Berau justru ikut seperti India. Akan sangat membahayakan. Jadi jangan dianggap remeh,” tutupnya. */zuh/app

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: