Bupati Ingin Kembangkan Cokelat

 Bupati Ingin Kembangkan Cokelat

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas mengunjungi Museum and Factory Chocolate “Monggo” di Kabupaten Bantul, Jogjakarta, beberapa waktu lalu.(Humas)

TANJUNG REDEB, NOMORSATU UTARA – Kabupaten Berau tidak hanya dianugerahi keindahan alam, tetapi Bumi Batiwakkal kaya akan hasil pertanian unggulan. Salah satunya Kakao yang bijinya telah banyak diekspor ke beberapa negara.

Meningkatkan nilai tambah produk petani Kakao, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas berharap kedepannya produksi cokelat bisa dilakukan di daerah ini.

Hal itu diungkapkan Sri Juniarsih Mas di sela mengunjungi Museum and Factory Chocolate “Monggo” di Kabupaten Bantul Jogjakarta, Selasa (11/1) lalu.

Kunjungan bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Berau, Ilyas Natsir dan Yayasan Dharma Bakti Berau Coal tersebut, selain untuk melihat secara langsung kegiatan produksi pengolahan cokelat, juga untuk menjajaki kerja sama dalam pengembangan produksi Kakao, mulai dari hulu hingga hilir di Kabupaten Berau.

“Kami ke sini untuk melihat langsung proses pengolahan biji kakao menjadi cokelat, juga akan menjajaki kerja sama agar di Berau juga bisa memproduksi cokelat,” ungkapnya.

Kakao Kabupaten Berau, merupakan salah satu komoditas dalam pengembangan produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades) sejak tahun 2018 yang digagas Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Pemkab Berau kerja sama dengan PT Berau Coal sebagai mitra pemerintah dalam pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat, serta didukung Kementerian Desa dan PDTT.

BACA JUGA  Sinyal Tatap Muka

“Kakao ini menjadi komoditas unggulan dan kita ingin terus mempromosikan dan memberikan nilai tambah dengan industri hilirnya juga ada di Berau,” ungkap Sri Juniarsih didampingi Kepala DPMK, Ilyas Natsir.

di Jogjakarta, Bupati Sri Juniarsih juga menghadiri rapat kerja konsorisum program pejuang sigap sejahtera, antara Universitas Gajah mada, Yayasan Konservasi Alam Nusantara, YDBC dan Sekkab PSS. Dalam kesempatan itu Bupati memberikan arahan terkait peran utama pejuang Sigap sejahtera dalam pendampingan desa untuk terus maju dan berkembang, menggali potensi dan pemberdayaan ekonomi menuju masyarakat Berau Sejahtera. Hms/app

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: