Berau

Berbagi Harapan lewat Wadah Berjualan

Sebanyak 15 unit booth (wadah berjualan) diberikan kepada pelaku UMKM di kawasan Tepian Gunung Tabur, Kabupaten Berau. Penyerahan bantuan program Cipta Usaha PT Berau Coal ini dilakukan di tengah kemeriahan gelaran penutupan HUT Ke-18 Kelurahan Gunung Tabur, Sabtu (11/12) malam. Para penerima menyambut bantuan penuh syukur dan harapan.

DARUL ASMAWAN, Gunung Tabur

SENYUM bahagia merekah dari wajah Joko Wahyudi tatkala awak media mewawancarainya malam itu. Ia adalah satu dari sekian warga penerima bantuan booth UMKM di sepanjang Tepian Gunung Tabur.

Sejumlah kalimat bernada ucapan syukur Dia lontarkan selama wawancara. Joko, mengakui bantuan tersebut sedikit banyak telah membantu meringankan beban masyarakat, khususnya pedagang kecil yang selama setahun lebih bertahan dalam tekanan ekonomi akibat wabah pandemik.

Setidaknya, kata Dia, dengan adanya dukungan semacam itu akan kembali memompa semangat masyarakat dan para pedagang dalam menempuh jalan pemulihan ekonomi pasca wabah pagebluk melanda.

“Alhamdulillah dengan bantuan PT Berau Coal ini, masyarakat di sini, khususnya pedagang, antusias untuk sama-sama meramaikan Pasar Berambang kembali,” tutur paruh baya itu.

Pasar Berambang adalah aktivitas perniagaan semacam pasar malam yang digelar setiap sabtu dan minggu malam. Sebelum pandemi, wadah perbelanjaan sepekan sekali itu bukan hanya berfungsi sebagai pemutar ekonomi, tapi juga berarti sebagai hiburan bagi warga setempat.

Joko dan komunitas pedagang di Tepian Gunung Tabur kini berupaya mengaktifkan dan meramaikan rutinitas itu kembali.

“Mungkin setiap minggu akan kami adakan kegiatan-kegiatan seperti ini meskipun kecil. Paling tidak ada yang menarik pengunjung datang ke Gunung Tabur. Itu juga sekaligus kami berupaya memajukan potensi wisata yang ada di sini,” katanya.

Terakhir, Dia mengapresiasi langkah dan kepedulian PT Berau Coal ini kepada masyarakat Kabupaten Berau. “Semoga Berau Coal semakin jaya dan bisa terus menaungi masyarakat kabupaten Berau yang ekonomi lemah. Semoga selalu dibantu. Itu harapan terbesar kami,” pungkasnya.

Manager Community Development PT Berau Coal, Hikmah menuturkan, penyerahan bantuan berupa 15 unit booth UMKM merupakan bagian utama dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang sudah dijalankan PT Berau Coal dalam beberapa tahun belakangan.

Serah terima bantuan yang direalisasikan atas jalinan kerja sama dengan Kelurahan Gunung Tabur dalam rangkaian HUT ke-18 kali ini, bertajuk Berau Cipta Usaha.

Menurutnya, Kelurahan Gunung Tabur merupakan bagian dari entitas penting dalam program CSR korporasi yang bergerak di sektor pertambangan tersebut.

Dia mengatakan melalui program PPM yang dijalankan, PT Berau Coal sekaligus menegaskan wujud komitmen untuk mendukung program pemerintah Kabupaten Berau dalam berbagai pilar. Terutama fokus pada pilar pendidikan dan ekonomi.

“Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencetak sumber daya manusia yang siap kerja dan mendorong geliat  peluang-peluang ekonomi untuk masyarakat,” ucap Hikmah dari atas podium ketika menyampaikan paparan dalam rakaian penutupan HUT ke-18 Kelurahan Gunung Tabur Sabtu malam.

Dia melanjutkan, dukungan both UMKM yang diberi nama Berau Cipta Usaha ini berawal dari upaya PT Berau Coal untuk mendukung para pelaku UMKM di Kabupaten Berau. Agar berdaya saing dan mandiri secara ekonomi.

Seperti diketahui bahwa pandemik COVID-19 telah menekan perekonomian secara merata. Melalui dukungan program ini harapannya dapat membantu dalam pemulihan ekonomi masyarakat.

“Dalam hal ini PT Berau Coal berkontribusi memberikan 15 unit both yang akan digunakan oleh pelaku usaha di sepanjang Tepian Gunung Tabur,” dia menyebut.

Dia berharap, tatanan booth UMKM yang rapi, seragam, dan bersih, nantinya dapat menjadi ciri khas tersendiri selain mendorong geliat peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan tersebut.

Selain itu juga, diharapkan untuk mendukung pengembangan promosi wisata budaya dan sejarah Kesultanan Gunung Tabur.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama semua pihak. Sehingga secara umum perjalanan program PPM di berbagai pilar yang dijalankan PT Berau Coal dapat berjalan lancar.”

“Kami berharap ini dapat terus dimanfaatkan dengan baik, untuk kemandirian masyarakat sehingga memberikan manfaat yang bisa dirasakan semua pihak,” tuntasnya.

Berharap Kesinambungan

Di sisi pemerintah, Wakil Bupati Berau, Gamalis menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT Berau Coal. Atas program Cipta Usaha dan bantua both UMKM yang sudah dijalankan.

“Tentu ini tujuannya agar mempermudah dan mempercantik penataan daerah tepian Gunung Tabur ini. Bagi UMKM untuk meningkatkan roda perekonomian,” kata Gamalis dalam sesi wawancara.

Menurut Wabup, memang program-program seperti itulah yang diharapkan. Yakni adanya peran serta pihak ketiga atau perusahaan di Kabupaten Berau untuk memberikan sokongan kepada masyarakat.

Gamalis berharap, hal-hal seperti ini terus dapat ditingkatkan. Dalam artian menjadi bagian dari program yang tidak terputus. DAS/APP

Reza Reza
Leave a Comment
Published by
Reza Reza

This website uses cookies.